Minggu, 10 April 2011

Wikileaks

Wikileaks ?? Siapa saat ini yang tidak tahu atau tidak pernah mendengar tentang wikileaks ?? Wikileaks belakangan ini sangat santer sekali terdengar di masyarakat dunia, khususnya di masyarakat Indonesia . Berikut ini adalah penjelasan singkat Tentang Wikileaks. adalah organisasi internasional yang bermarkas di Swedia. Situs Wikileaks menerbitkan dokumen-dokumen rahasia sambil menjaga kerahasiaan sumber-sumbernya. Situs tersebut diluncurkan pada tahun 2006.
Organisasi ini didirikan oleh disiden politik Cina, dan juga jurnalis, matematikawan, dan teknolog dari Amerika Serikat, Taiwan, Eropa, Australia, dan Afrika Selatan. Artikel koran dan majalah The New Yorker mendeskripsikan Julian Assange, seorang jurnalis dan aktivis internet Australia, sebagai direktur Wikileaks.
Dengan Hal ini tentu saja semuanya pro terhadap wikileaks pasti ada juga yang kontra terhadap wikileaks. Mungin yang pro terhadap wikileaks adalah masyarakat umum, karena masyarakat umum dapat tahu dan dapat melihat secara transparan tentang rahasia negaranya. Sedangkan yang kontra mungkin dari kalangan pemerintah. Karena nanti akan banyak rahsia-rahasia dan dokumen Negara yang bersifat rahasia dapat terlihat dan diketahui oleh masyarakat luas. Berikut ini adalah Postif dan  negatifnya wikileaks menurut saya
Positif :
1.Masyarakat dapat melihat kinerja para wakil rakyatnya
2.Masyarakat dapat melihat secara utuh rahasia negaranya
Negatif :
1.Rahasia Negara sendiri dapat dilihat oleh Negara lain

Daftar pustaka (sumber) : www.wikileaks.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar